Kabut Asap Kembali Menghantui Kalbar

20.02
Jaman- Kabut asap merupakan problem terbesar dibeberapa wilayah di Indonesia khususnya
wilayah-wilayah yang memiliki kawasan tanah Gambut. Karena tanah rawa gambut pada saat musim kemarau rawan terjadi kebakaran termasuk wilayah Kalimantan Barat yang sebagian merupakan kawasan rawan gambut.
Kabut asap menyelimut pelabuhan Kota Pontianak, Photo:Man



Sudah hampir dua minggu dibeberapa wilayah Kalimantan Barat diselimuti kabut Asap. Walaupun tidak setebal tahun 2015 Kabut asap tahun ini membuat waswas masyarakat beberapa daerah seperti Kota Pontianak.

Kabut asap yang terjadi setiap tahun seolah-olah pemerintah dan masyarakat tidak bisa mengatasi kejadian ini, padahal sudah terjadi secara berulang-ulang. Dan pemerintah selalu menyalahkan ladang berpindah.

Kita mengetahui peladang berpindah tidak dilakukan diwilayah rawa gambut jiga terbakar asapnya sulit menghilang bahkan bisa sampai tiga bulan baru menghilang. Karena asap-asap hasil pembakaran  mengendap dikawasan rawa gambut, kecuali pada musim hujan besar, asap-asap itu akan menghilang.

Sudah banyak kebijakan yang dibuat pemerintah  untuk mengatasi kebakaran hutan. Namun, Seolah kebijakan itu tidak bisa mengatasi kebakaran hutan yang telah terjadi berulang-ulang.

Permasalah mendasar adalah penegakan hukum, para pembakaran hutan disanksi sangat ringat sekali. Dan yang disanksi hanya petani-petani kecil yang hanya membakar sekitar satu hektar. Sementara, perusahaan yang membakar kawasan hutan yang sangat luas umunya bebasa dari sanksi hukum.Dg

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »