Pulau Hanyut, Segi Tiga Bermudanya Sungai Kapuas

18.14
Pulau Hanyut di Sungai Kapuas Kota Pontianak

TJ- Kota Pontianak dibelah oleh dua sungai yaitu sungai Kapuas dan Sundak. Kedua sungai ini membuat suasana kota sebenarnya sanga eksotik sudah layaklah Kota Pontianak disebut Kota Air karena ribuan parit membelah kota.

Di ujun antara Sungai Landak dan Sungai Kapuas terdapat sebuah pulau yang ukuranya sangat kecil, ukuranya diperkirakan sekita dua hektar persegi. Pulau tersebut dinamakan pulau hanyut, karen menurut informasi warga pulau tersebut sering berpindah-pindah tempat.

Pulau tersebut penuh mesteri karena warga tidak berani mendekat, termasuk kendara motor air. Karena pulau tersebut memiliki kemapuan untuk menarik kapal menjadi tenggelam atau karam. Begitu juga pemanjing banyak hilang, dan apabila warga kota Pontianak jatuh di Sunga Kapuas umunya mayatnya akan berada disekitar pulau hanyut.

Pengalaman penulis waktu menyusur Sungai Kapuas menuju batu layang, ternya disekita pulau hanyut angin hilang dan mesin moton kapal mati. Ini membuat semua penumpang kuatir jika kapal motor yang tumpangi akan dihisap oleh pulau hanyut.

Tapi, untung motor air Kapal Bandung yang kami tumpangi, kembali berbunyi dan menjauh dari pulau anyut untuk menghidari sesuatu yang tidak dingginkan. Hingga kini tidak satu orangpun di Kota Pontianak yang berani mendekati pulau hanyut apalagi menghuninya. Dman

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »