Lezatnya Nasi Maklubeh

23.37
Nasi maklubeh

Tj-Berkumpul dengan kelurga dan sahabat merupakan moment yang sangat berharga, memanfaatkan waktu libur bersama untuk sekedar diskusi ringan sambil ngopi bahkan makan bersama, hal yang paling dinanti.

Gak salah kan kalau menyempatkan diri untuk turun ke dapur, memanjakan tangan dengan olahan-olahan menu baru yang sedikit berbeda, yang pastinya sangat nyaman di lidah.

Kali ini, kita akan memasak masakan khas dari negri ottoman, biasanya menu ini disajikan untuk para tamu dan para pelajar.

Selain lezat, makanan ini juga akan mempererat tali persaudaraan setelah memakannya. Selain rasanya yang khas dan juga mempunyai trik unic dalam menyajikan dan menyantapnya. Masakan ini disebut mahklubeh. Penasaran, yuk langsung saja kita ke dapur.

Untuk peralatan memasak, sediakan panci ukuran sedang yang biasanya untuk menanak nasi. Mahklubeh ini campuran nasi dan daging. Jadi kita bisa pakai daging sapi, kambing atau ayam.

Saat ini kita gunakan daging ayam saja. Bahan-bahan yang kita perlukan yaitu beras sebanyak lima cup, daging ayam ya sudah dibersihkan satu kilo, kentang ukuran sedang tiga buah, bawang bombay dua buah, minyak goreng, garam secukupnya.

Pertama cuci daging ayam, lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis. Kemudian rebus ayam sampai empuk. Cuci beras sampai bersih dan tiriskan. Potong kentang secara melingkar ikuti saja bentuk kentangnya, jangan terlalu tebal.

Diikuti dengan pemotongan bawang bombay secara melingkar juga.
Jika daging ayam nya sudah empuk, angkat dan tiriskan. Sisihkan kaldu ayamnya.

Potong ayam kecil-kecil ukuran dadu atau bisa juga disuwir-suwir saja.
Saatnya kita mengemas masakan dalam panci, susun potongan lingkaran bawang bombay didasar panci hingga menjadi alas, kemudian susun potongan lingkaran kentang diatasnya lakukan hal yang sama.

Tuangkan minyak goreng sebatas lapisan bawang bombay.
Taburi beras sebanyak dua genggam hingga merata. Selanjutnya taburi potongan ayam di lapisan selanjutnya. Lakukan hal yang sama sampai beras dan ayam habis secara bergantian.

Tuangkan kaldu ayam dan tambahkan sedikit air, kira-kira satu inci diatas permukaan beras.

Tutup rapat panci.
Nyalakan kompor, masak mengunakan api kecil, selamat empat puluh menit. Setelah nasinya masak, sebaiknya kita menunggu sekitar 30 menit, atau sampai pancinya agak dingin.

Disaat menunggu nasinya matang sampai mengeluarkan aroma khas. Kita akan membuat salad. Sediakan daun selada, tomat, timun, bawang bombay, jeruk nipis, minyak zaitun jika tidak ada bisa digunakan minyak goreng biasa, garam.

Potong halus daun selada, tomat dan timun potong-potong dadu, sedikit bawang bombay iris halus. Campurkan semua sayuran di satu tempat, tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon, minyak zaitun satu sendok makan dan garam.

Untuk penyajian mahklubeh, cukup menyediakan talam sedang, kira-kira diameternya lima centimeter lebih besar dari muka panci.

Moment ini akan sangat menegangkan, apakah mahklubeh nya  sukses atau tidak, ini tergantung saat penyajian. Yuk kita coba. Gunakan talam di atas muka panci, pegang bawah panci dan bawah talam, perlahan dan kuat. Kemudian telungkupkan.

Sekarang posisi panci diatas talam dengan muka ke bawah. Angkat pelan-pelan panci, dan mahklubeh siap disajian dengan mempesona di tengah-tengah talam.

Susun salad dipinggir talam, mahklubeh siap disantap bersama keluarga dan sahabat. Silahkan ambil posisi masing-masing dengan sendok di tangan, duduk rapat secara melingkar. Cukup untuk lima sampai tujuh orang.

Memasak mahklubeh selain bahan-bahannya cukup mudah didapatkan, cara penyajiannya juga sangat unic dan tidak menghabiskan banyak piring. Jadi cocok banget disajiakan saat berkumpul bersama tidak harus mencuci piring banyak.

Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »