Rakit Cerita Masa Lalu Kejayaan Industri Perkayuan Kalbar

15.57
SZ-Sekitar tahun 1980-1990 Kalimantan Barat memiliki kejayaan industri perkayuan. Kalbar merupakan penyumbang pajak no empat terbesar di Indonesia di Kala itu.

Rakit-rakit kayu di sungai Kapuas

Transportasi andalan untuk menbawa kayu-kayu tersebut yaitu transportasi sungai. Kalimantan Barat yang memiliki sekitar 27 sungai besar dan 250 sungai kecil. Memudahkan industri perkayuan untuk membawa kayu.

Biasanya kayu-kayu tersebut di jejerkan disungai terus di ikat antara kayu satu dengan kayu lainya dengan menggunakan rotan jumlah kayu yang diikat bisa mencapai ribuan kubik kayu. Kayu-kayu yang dijejerkan setelah diikat disebut rakit.

Rakit-rakit tersebut ditarik menggunakan satu atau dua kendaraan bermotor yang melalui sungai kapuas. Diperkirakan dari Kapuas Hulu-ke Pontianak waktunya bisa menggunakan waktu sekitar tiga minggu.

Sepanjang perjalanan para pembawa kayu-kayu tersebut biasa sambil memancing ikan dan udang disepanjang sungai kapuas. Dan biasanya motor-motor tersebut berhenti di Ibu Kota Kecamatan untuk sekedar berbelanja kebutuhan perjalanan.

Kini rakit-rakit tersebut tinggal kenangan, penulis hampir tidak pernah melihat keberadaan rakit-rakit tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »