Membangun Dari Desa

23.56
Salah satu potensi desa Danau Empangau Desa Empangau Kec. Bunut Hilir Kab. Kapuas Hulu

TZ-Disahkannya undang-undang Desa no 6 tahun  2014 sebenarnya merupakan peluang besar bagi pemerintah desa dan warganya secara mendari membangun dan memamfaatkan sumber daya alam yang dimiliki desa untuk kesejahteraan masyarakat Desa.

Salah satu konsep NAWACITA Pemerintahan Presiden Joko Widodo membangun dari luar dan desa merupakan hal sangat penting yang harus disikapi oleh masyarakat dan pemerintahan Desa.

Sebagai amanah penerapan undang-undang desa. Setiap Desa akan mendapatkan porsi dana pembangunan yang sangat besar bahkan satu desa ada yang mendapatkan sekitar 1 meliar.

Namu, yang menjadi masalah apakah masyarakat dan pemerintah siap dalam mengelola dana yang digelontorkan oleh pemerintah untuk pembangunan desa tersebut.

Kalau melihat fenomena yang ada semua sedang mengalami  euforia pembangunan desa dari pemerintah pusat dan daerah.

Terlepas dari kelemahan dan kekuranganya sebagai tahun pertama tahun 2015 dalam pelaksanaan undang-undang desa mungki belum terasa dampak pembangunanya.

Karena dalam tahapan pertama pemerintah desa harus menata desanya sesuai amanat undang-undang desa nomor 14 tahun 2014.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam melaksanakan undang-undang desa pertama:penguatan SDM warga desa dan aparat desa, kedua:memperbaiki sistem pemerintahan desa sesuai amanah undang.

Seandainya Desa benar-benar melaksanakan roda pembangunanya sesuai dengan amanah undang-undang desa insya Alloh desa akan mandiri.

Sebaliknya apa pemerintah desa asal melakukan proses pembangunan  tidak melaksanakan amanah undang-undang desa. Makan akan jadi bumerang bagi desa, bisa jadi aparat desanya akan masuk penjara, karena salah menlaksanakan aman yang suai amanah undang-undang desa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »