Gugusan Gunung Niut, Sebuah Keindahan Landscape Bengkayang

04.13
Gambar: Gugusan pengunungan Niut

SZ- Kalau melihat Kabupaten Bengkayang tentunya akan selalu teringat pada sebuah Landscape wilayah yang dilalui gunung-gunung yang melegenda bagi kegiatan masyarakat Dayak Bekatik penduduk yang mediami wilayah tersebut. Yaitu Gunung Tiang Tanjung, Gunung Niut dan Gunung Bawang.

Mengapa gunung-gunung tersebut melegenda, karena gunung tersebut selalu dibaca dalam setiap mantra. Karena dianggap tempat bersemayamnya para Dewa. Sehingga setiap melapalkan Do'a gunung tersebut selalu dibaca. Selain itu tentunya masih banyak gung yang lain.

Saya melewati salah satu kaki gunung niut, melihat gugusan-gugusan gunung niut yang sangat panjang dan luas, menurut data  ketinggian puncak gunung niut 1.702 m dp dengan luasa 124.500 HA. Gugusan gunung keliahatan ditutupi awan terlihat dengan indah dari Dusun Malayang,Desa Sahan. Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang.


Gunung ini merupakan satu-satunya gung merapi purba yang tidak aktif di Pulau Kalimantan. Makanya taPara tlaverer yang akan ke Perbatasan Malaysia dari Bengkayang atau sebaliknya sudah dipastikan mereka akan melakukan foto selfie dengan latar keindahan gugusan gunung niut.

Selain menyimpan keindahan, pengunungan niut letaknya sangat strategi, karena berada ditiga Kabupaten yaitu Kabupaten Bengkayang, Landak dan Kabupaten Sanggau. Keberadaanya sangat mempengaruhi DAS(Daerah Aliran Sungai) di tiga Kabupaten. Bahkan Sebagian Wilayah di Kalimantan Barat sangat berpergaruh dari kualitas alam gunung niut. Seperti Das Sambas, Das Sekayama dan Das Landak.

Sehingga kalau gunun niut sampai rusak pengaruhnya akan akan berdampak sampai ke Sambas, Bengkayang, Landak, Sinkawang, Mempawah, Sanggau, Kubu Raya dan Kota Pontianak. Seperti dampak banjir.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »